Tak ada yang sempurna di dunia ini, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan yang Maha Esa. Begitu juga kendaraan yang hanya ciptaan manusia, sehingga ada kelebihan dan kekurangannya.
Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Lexi 155, Vario dan beberapa motor sejenisnya, dari pengalaman pengguna.
Saya pun selain ada Lexi dan Nmax gen2, juga user vario dari gen karbu awal, V125 bohlam, V150, V160,dan PCX 160. Dan memang jujur aja, Lexi kalau dicompare dengan Vario all gen, cuma menang riding positionnya aja yang lebih nyaman dibanding Vario all gen, lalu kualitas cat Yamaha yang harus saya katakan lebih bagus daripada catnya Honda karena lebih tebal. Selebihnya sorry to say Vario menang dibanding lexi. Dari segi performa utk dalam kota Vario gen 125&150 lebih enak dibanding Lexi karena lebih responsif.
Untuk jarak jauh atau luar kota Vario 160 sangat perfect performanya, padahal Lexi saya sudah di upgrade ke 155 dengan beberapa ubahan lainnya dibagian in&out serta durasi cam nya plus upgrade kirian yg secara head to head performanya sudah lebih nendang dibanding nmax 155 standar saya yg hanya ubah kirian, tapi tetap masih belum bisa nandingi performa Vario 160 saya yang hanya ubah kirian saja yang performanya dari bawah sampai topspeed sangat bikin nyengir-nyengir sendiri kalau riding pake Vario 160.
Untuk getaran mesin pun sorry to say, Yamaha masih belum bisa sehalus mesin-mesin matic besutan Honda, walaupun Vario 160 getaran pas idle nya ga sehalus all gen Vario 2valve, tapi pas jalan halusnya masih khas matic2 Honda.
Berbeda dengan si Lexi dan Nmax, mau idle ataupun jalan getarannya sangat khas dan berhasil membuat saya terganggu waktu awal-awal meminang Lexi dan Nmax walaupun lama-lama jadi terbiasa, tapi tetap begitu pake matic Honda memang lebih nyaman getaran mesinnya, walaupun Lexi LX sudah progres di sektor ini karna memang lebih halus getarannya daripada matic2 155 VVA Yamaha yg lain (kecuali Nmax Turbo), tapi tetap matic besutan Honda masih lebih halus.
Selain itu kabel-kabel kelistrikan Honda pun lebih durable dibanding perkabelan milkk Yamaha yang sangat rapuh. ini penyakit Yamaha dari jaman generasi Jupiter Z, nyaris seluruh produk yamaha dijaman itu kelistrikannya sangat buruk dan rentan jadi ngaco/error. Makanya saya ga heran di generasi Lexi 125 gen awal, Nmax gen 1 dan gen 2 serta all gen Aerox sering error disektor kelistrikan, apalagi yang doyan modif ngasal tanpa perhitungan disektor kelistrikan atau yanh pake motornya asal jalan dan ganti oli saja tanpa memperhatikan sektor lainnya, pasti lebih cepat kena dan muncul kode-kode keramat seperti kode 12 di motornya.
Tapi dibalik itu semua sih namanya produk pasti ada plus dan minusnya, tak ada yg benar-benar sempurna. Semua kembali lagi pada ownernya, mau dikata orang lain produk itu buruk dri A-Z jika kita bersyukur dan paham serta rajin ngerawatnya Insha Allah tak akan kenapa-kenaoa dan tak akan menyusahkan. Dan yang terpenting jangan lupa bersyukur!.